Fungsi Tombol Reset di RouterBoard Mikrotik

By | Januari 30, 2019

Fungsi Tombol Reset di RouterBoard Mikrotik – Pada dasarnya yang kita tahu fungsi tombol reset pada routerboard mikrotik adalah untuk mereset konfigurasi mikrotik kembali pada konfigurasi defaultnya dengan ip default mikrotik adalah 192.168.88.1 . Biasanya tombol reset routerboard berbentuk lubang kecil disamping port power dan port lan, namun ada juga yang menggunakan tombol sehingga kita lebih mudah untuk menekan tombol reset routerboard mikrotik.

Namun tanpa kita sadari ternyata tombol reset yang ada pada routerboard mikrotik ternyata memiliki beberapa fungsi yang banyak orang lain belum paham dan tidak tau, nah pada kesempatana kali ini saya mencoba membahas fungsi dari tombol reset pada routerboard mikrotik.

Berikut 4 Fungsi Tombol Reset pada RouterBoard Mikrotik :

1. Loading Backup Routerboard Loader, Yang pertama adalah, jika kita menekan tombol mikrotik selama 3 detik maka mikrotik akan berada pada mode update software. Terkadang karena satu atau hal yang lain yang bisa menyebabkan mikrotik gagal booting atau tidak masuk OS sehingga kita harus melakukan upgrade software yang nanti biasanya itu dikombinasikan dengan program Netinstall.

2. Reset Configuration, selanjutnya adalah, jika kita menekan tombol reset selama 5 detik, maka routerboard akan menghapus konfigurasi sehingga routerboard mikrotik kembali pada konfigurasi defaultnya

3. Mode Caps Man, Yang ketiga jika kita menekan tombol reset selama 10 detik, maka routerboard mikrotik berada pada mode caps man, jadi wireless access point yang sedang kita setting bisa tergabung pada jaringan caps man. sehingga bisa di konfigurasi secara terpusat melalui caps man.

4. Mode Netinstall, yang terakhir adalah jika kita menekan tombol reset selama 15 detik maka kita masuk pada mode netinstall, dimana kita bisa menginstalas router os yang baru pada routerboard mikrotik. Tentunya jika kita ingin menginstal ulang os routerboard kita membutuhkan software netinstall dan router OS yang baru.

Itulah sedikit penjelasan mengenai 4 fungsi tombol reset pada mikrotik yang jarang pengguna atau user tau.

Terimakasih dan semoga bermafaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *