Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows

By | Februari 17, 2019

Masdoery Ilham – pernah mengalami kendala saat mau instal ulang sebuah komputer/laptop??? dan pernah kah mengalami masalah instal karena muncul pesan “Windows Cannot be installed to this disk. The selected disk of the GPT Partition style”??? karena kalau kalian membukan artikel ini berarti sedang mengalami masalah diatas, jika iyh, mari simak penjelasan berikut dan cara mengatasinya

Perlu kalian ketahui pada dasarnya partisi harddisk itu ada 2 tipe, yaitu tipe MBR dan tipe GPT. Partisi MBR (Master Boot Record) adalah partisi yang sudah lama digunakan, MBR hanya mampu menampung harddisk sebesar 2TB saja. Oleh karena itu MBR sudah mulai digantikan dengan GPT (Guid Partition Table) jenis partisi yang termasuk baru, yang mampu menampung harddisk lebih dari 2TB. GPT merupakan bagian dari EFI system, GPT hanya dapat diinstal apabila komputer/laptop menggunakan system UEFI dan windows yang akan diinstal harus 64bit. Karena UEFI tidak mendukung 32bit.

Ada hal yang perlu diperhatikan. Jika kalian ingin menginstal windows 32bit, maka kalian harus mengkonversi tipe partisi harddisk dari GPT ke MBR. Resikonya data didalamnya harus di hapus secara keseluruhan. jadi sebaiknya jika tidak mau menghapus maka instal saja yang 64bit, atau jika tetap ingin 32bit maka bakcup dulu datanya. Untuk cara konversinya akan saya jelaskan di postingan selanjutnya.

Namun yang akan saya jelaskan ini hanya untuk menghapus bersih partisi GPT pada harddisk, sehingga kalian tidak perlu repot untuk mengkonversinya.

Cara Mengatasi GPT Partition Style Saat Instal Windows

1. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, backup (copy) dulu semua data yang penting ke harddisk lain.

2. Jika sudah di backup. Masuk ke bios

3. Setting di BIOS, ubah boot mode dari UEFI ke Legacy Mode (CSM) di konfigurasi boot.

4. Kemudian Boot First ke media bootable (entah itu flashdisk atau dvd)

5. Pada saat masuk ke proses instalasi windows, tekan Shift+F10 pada keyboard

6. Akan muncul sebuah window CMD. Ketik diskpart lalu enter

7. Lalu ketik lagi list disk akan muncul daftar disk kita. Dan kita melihat pada disk 0 terdapat tanda bintang di kolom Gpt, menandakan bahwa disk tersebut bertipe partisi gpt

8. Ketik select disk pada disk tersebut (yang berpatisi gpt) misal disini disk 0 maka ketik select disk 0 lalu enter

9. Kemudian kalian tinggal ketik clean kemudian enter. Dan tunggu hingga proses clean sukses

10. Lalu ketik lagi convert to mbr. Tunggu hingga proses convert selesai lalu tutup kembali window cmd dan lanjut ke instalasinya.

Setelah selesai melakukan langkah diatas, maka kita sudah bisa melakukan instalasi ulang windows di komputer/laptop kita.

Terimakasih dan semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *